gambar analisis gaya-gaya yang terjadi lalu tentukan kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan

0

Sebuah mobil melaju pada tikungan berjari-jari r = 40 m dengan kemiringan jalan θ = 30°. koefisien gesek antara ban dan jalan adalah μ = 0,20. gambar analisis gaya-gaya yang terjadi lalu tentukan kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan.


Berikut jawaban lengkap + pembahasan dan gambar analisis gaya (dengan penurunan persamaan) untuk mobil pada tikungan menikung dengan kemiringan.

Soal singkat

Tikungan berjari-jari r=40 mr=40\ \text{m}, kemiringan jalan θ=30\theta=30^\circ, koefisien gesek statis μ=0,20\mu=0{,}20. Tentukan kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan.

Bayangkan mobil di atas bidang miring yang miring ke dalam tikungan:

Gaya pada mobil:

  • Berat: W=mg \mathbf{W}=m\mathbf{g} vertikal ke bawah.

  • Normal: NN tegak lurus permukaan (membentuk sudut θ\theta terhadap vertikal).

  • Gaya gesek statis maksimum: fμNf\le \mu N, arahnya sepanjang permukaan.
    Untuk slip ke luar (mobil cenderung naik ke arah luar tikungan) gaya gesek akan bekerja turun permukaan (membantu memberikan komponen ke dalam).

Ambil sumbu:

  • sumbu xx: horizontal menuju pusat tikungan (radial inward).

  • sumbu yy: vertikal ke atas.

Komponen gaya:

  • Pada sumbu yy: Ncosθfsinθmg=0N\cos\theta - f\sin\theta - mg = 0.
    (karena bergerak tidak vertikal)

  • Pada sumbu xx (radial inward, harus menyediakan gaya sentripetal):
    Nsinθ+fcosθ=mv2rN\sin\theta + f\cos\theta = \dfrac{m v^2}{r}.

Untuk kondisi maksimum sebelum slip ke luar: f=μNf = \mu N dan arah f seperti diasumsikan (turun permukaan).

Turunan rumus kecepatan maksimum

Masukkan f=μNf=\mu N ke persamaan vertikal:

NcosθμNsinθmg=0N(cosθμsinθ)=mgN\cos\theta - \mu N\sin\theta - mg = 0 \quad\Rightarrow\quad N(\cos\theta - \mu\sin\theta)=mg   N=mgcosθμsinθ.\Rightarrow \; N=\dfrac{mg}{\cos\theta - \mu\sin\theta}.

Persamaan radial:

Nsinθ+μNcosθ=mv2rN\sin\theta + \mu N\cos\theta = \dfrac{m v^2}{r}

Ganti NN:

mg(sinθ+μcosθ)cosθμsinθ=mv2r\dfrac{mg(\sin\theta + \mu\cos\theta)}{\cos\theta - \mu\sin\theta} = \dfrac{m v^2}{r}

Membatalkan mm dan selesaikan untuk v2v^2:

v2=rgsinθ+μcosθcosθμsinθ.v^2 = r g \cdot \dfrac{\sin\theta + \mu\cos\theta}{\cos\theta - \mu\sin\theta}.

Jawaban akhir



Kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan adalah kira-kira

vmax18,6 m/s    (66,8 km/h).\boxed{v_{\max}\approx 18{,}6\ \text{m/s} \;\;(\approx 66{,}8\ \text{km/h})}.

Catatan & asumsi

  1. Dipakai gesekan statis maksimum fmax=μNf_{\max}=\mu N — mobil mencapai batas ini saat akan mulai slip.

  2. Mengabaikan gaya tambahan (mis. angin), distribusi berat non-ideal, atau efek dinamis suspensi.

  3. Jika koefisien gesek lebih kecil, vmaxv_{\max} turun. Jika kemiringan θ\theta diubah (lebih curam ke dalam), komponen normal ke arah radial berubah sehingga vmaxv_{\max} juga berubah sesuai rumus di atas.

  4. Jika mobil berpotensi slip ke dalam (menjatuhkan ke tengah) arah gesek berlawanan; rumus untuk vminv_{\min} akan sedikit berbeda (ganti tanda μ).

Tags:

Posting Komentar

0 Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!