Sebuah mobil melaju pada tikungan berjari-jari r = 40 m dengan kemiringan jalan θ = 30°. koefisien gesek antara ban dan jalan adalah μ = 0,20. gambar analisis gaya-gaya yang terjadi lalu tentukan kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan.
Berikut jawaban lengkap + pembahasan dan gambar analisis gaya (dengan penurunan persamaan) untuk mobil pada tikungan menikung dengan kemiringan.
Soal singkat
Tikungan berjari-jari , kemiringan jalan , koefisien gesek statis . Tentukan kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan.
Bayangkan mobil di atas bidang miring yang miring ke dalam tikungan:
Gaya pada mobil:
-
Berat: vertikal ke bawah.
-
Normal: tegak lurus permukaan (membentuk sudut terhadap vertikal).
-
Gaya gesek statis maksimum: , arahnya sepanjang permukaan.
Untuk slip ke luar (mobil cenderung naik ke arah luar tikungan) gaya gesek akan bekerja turun permukaan (membantu memberikan komponen ke dalam).
Ambil sumbu:
-
sumbu : horizontal menuju pusat tikungan (radial inward).
-
sumbu : vertikal ke atas.
Komponen gaya:
-
Pada sumbu : .
(karena bergerak tidak vertikal) -
Pada sumbu (radial inward, harus menyediakan gaya sentripetal):
.
Untuk kondisi maksimum sebelum slip ke luar: dan arah f seperti diasumsikan (turun permukaan).
Turunan rumus kecepatan maksimum
Masukkan ke persamaan vertikal:
Persamaan radial:
Ganti :
Membatalkan dan selesaikan untuk :
Jawaban akhir
Kecepatan maksimum agar mobil tidak slip ke luar lintasan adalah kira-kira
Catatan & asumsi
-
Dipakai gesekan statis maksimum — mobil mencapai batas ini saat akan mulai slip.
-
Mengabaikan gaya tambahan (mis. angin), distribusi berat non-ideal, atau efek dinamis suspensi.
-
Jika koefisien gesek lebih kecil, turun. Jika kemiringan diubah (lebih curam ke dalam), komponen normal ke arah radial berubah sehingga juga berubah sesuai rumus di atas.
-
Jika mobil berpotensi slip ke dalam (menjatuhkan ke tengah) arah gesek berlawanan; rumus untuk akan sedikit berbeda (ganti tanda μ).

